Konsorsium China Akhirnya Menyelesaikan Akuisisi AC Milan

Mantan Perdana Menteri Italy, Silvio Berlusconi akhirnya menyelesaiakn penjualan dari klub sepakbola miliknya yang bermasalah yaitu AC Milan kepada sebuah konsorsium asal China pada Kamis dengan nilai mencapai 740 juta Euro atau setara dengan Rp 10,4 triliun.

Kesepakatan yang disebut sebagai akuisisi pemilik China pada klub sepakbola Eropa ini merupakan rentetan akuisisi yang dilakukan oleh konsorsium China setelah akuisisi Inter Milan oleh Suning Commerce Group dan Atletico Madrid oleh Dalian Wanda tahun lalu. Selain akuisisi AC Milan, sebuah perusahaan CHina jgua terlibat dalam hak siar teratas Italy yaitu Serie A.

Akuisisi ini menjadi akhir dari era Berlusconi ketika membeli AC Milan pada tahun 1980-an. Dibawah tangan dinginnya, Rossoneri diubah menjadi salah satu klub elite Italy bahkan Eropa yang melahirkan banyak pemain bintang seperti Paolo Maldini, Marco Van Basten dan Ruud Gullit. AC Milan sendiri juga menjadi alat politik yang membawa Berlusconi menjadi Perdana Menteri Italy.
Konsorsium China Akhirnya Menyelesaikan Akuisisi AC Milan
Dalam pernyataan Fininvest yang merupakan perusahaan Berlusconi yang memiliki AC Milan kepada Reuters dituliskan bahwa AC Milan telah terjual kepada Rossoneri Sport Investment Lux yang dikendalikan oleh investor Li Yonghong.

Harga yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah 740 juta euro yang dimana didalamnya telah termasuk pelunasan hutang 220 juta. Proses akuisisi ini akhirnya selesai setelah pembeli melunasi sisa 370 juta euro pada hari Kamis lalu. Rossoneri Sport Investment Lux juga berkomitment untuk melakukan rekapitalisasi signifikan yang disertai dengan penguatan finansial klub.

“Para pendukung tentunya berharap AC Milan dapat kembali menjadi salah satu klub elit Italy dan Eropa dengan menjuarai berbagai gelar,” kata Li kepada Sina Weibo.

“Hari ini kami melengkapi langkah kunci dalam langkah menuju tujuan tersebut dan menuju masa depan yang akan lakukan terus serta membawa tim ini menuju puncak dunia.”